Selasa, 02 Februari 2016

First Job : Customer Relation Officer

Selamat hari bulan Kasih Sayang alias FEBRUARI ****

Well, kali ini gue mau ngejelasin soal kerjaan gue. Sedikit curhat aja yaaaah.... siapa tau kalian penasaran sama job desk gue sekarang (percaya diri sekaleee :p)

Jadi, kalau kalian uda baca postingan sebelumnya, kalian pasti tau gimana perjalanan magang gue dan jurusan gue selama kuliah. Emang ini jauuuuuuuuuuuuuuh banget dari apa yang gue mau. Gue kuliah jurnalistik dan gue kerja sebagai Customer Relation Officer atau CRO. Ibaratnya bumi, itu udah kayak kutub utara dan kutub selatan. Ilmu yang berguna disini cuma satu: COMMUNICATION.
Pada dasarnya kita sebagai mahluk hidup pasti berkomunikasi tapi apa sih yang membedakan pada kerjaan gue kali ini? (gak nyambung :p)

Kalau dengar kata Customer Officer, kalian pasti mikir Customer Service. Well gue gak bilang itu salah lhoo. Awalnya gue sebel banget waktu ditanya orang-orang kerjaan jadi apa. Tiap gue jawab gue sebagai CRO mereka langsung mikirnya Customer Service, kayak yg ada di Bank atau dlm sebuah perusahaan, yang Customer Service nya ada banyaaaaaaaak. :")
Nah, dibidang otomotif itu beda lhoo, lebih tepatnya di dalam suatu DEALER, pasti ada jabatan Kepala Cabang, Admin, Sales Supervisor, Sales, Kepala Bengkel, Service Advisor, dan CRO. CRO itu cuma boleh 1 (satu) orang tiap dealer. Pada dasarnya, dealer-dealer yang memiliki CRO itu berada di bawah naungan Astra : Toyota dan Daihatsu. Kebetulan gue kerja di Daihatsu. Job Desk utama CRO adalah handling complain. Baik itu komplain yang berasal dari produk, pelayanan, servis, dll. Sebagai seorang frontliner, CRO itu harus sabar dan memperhatikan kepuasan pelanggan. Ibarat kata CRO itu udah kayak ibu-ibu cerewet yang memperhatikan segala sesuatu isi rumahnya (Dealer), agar tamu yang datang menjadi puas dan senang.

Gak hanya itu, CRO juga punya laporan setiap bulan yang harus dikirim ke Astra dan ini jadi performance setiap cabang yang berada di bawah naungan Astra. Siapa bilang kita gak bersaing. Dealer-dealer mobil yang kalian suka lihat di pinggir-pinggir jalan itu bersaing lhoo untuk mendapatkan nilai pelayanan dan juga penjualan terbaik.

Lhoo kok pelayanan ada nilainya??

Yup karena pada dasarnya jualan mobil itu gak hanya jualan produk aja tetapi juga pelayanan. Nah kalau pelayanan nya baik maka customer akan puas dan ke depan bisa aja dia beli mobil di dealer yang sama!

Sayang aja sih, gak hanya di luar lingkungan kerja, di dalam lingkungan kerja pun kerjaan CRO itu masih dipandang sebelah mata. Yaiyalah, brasa kurang kerjaan aja merhatiin nilai pelayanan. Kan gak semua customer senang. Ada juga yang risih kalau ditanya-tanya terus mengenai pelayanan. Beli mobil tapi hidupnya diribetin.Yaaaaaa itu hanya pendapat-pendapat kecil saja. Tapi namanya pekerjaan harus dijalanin. Toh niat kita baik dan gak ngerugiin siapa-siapa
(seandainya SALES-SALES tauuuuu betapa pentingnya pelayanan yang baik T_____T)

Jujur aja, gue awalnya gak sreg ama kerjaan ini, tapi karena waktu itu iseng-iseng cari pengalaman, yaudah why not. Gue sampai sekarang masih ngejalanin kerjaan gue ini, walaupun baru 70% hati gue dikerjaan ini. Gue ngerasa jiwa gue masih jurnal ajaaaaa (hahahaha). Tapi ya berhubung gue juga dapat ilmu baru disini ya gue jalanin dulu. Gue sih berharap kedepan gue bisa dapat kerjaan yang lebih baik lagi. Untuk sekarang gue bersyukur, dunia kerja gue sekarang baru. Gue yang buta soal otomotif juga belajar sedikit-sedikit. Setidaknya dimanapun kita berada pasti ada nilai yang bisa jadi pelajaran buat hidup kita :)

Jika ada pertanyaan lebih lanjut silahkan dibaca tulisan gue

Postingan QnA tentang CRO bisa diklik link dibawah ini 
http://elviraberyllhoo.blogspot.co.id/2018/04/q-n-first-job-customer-relation-officer.html?m=1
atau
http://elviraberyllhoo.blogspot.co.id/2017/08/q-and-customer-relation-officer.html?m=1

Atau nonton video QnA gue di youtube:

https://elviraberyllhoo.blogspot.com/2019/05/video-all-about-cro-apa-itu-cro.html?m=1



Psssttt tukeran kado tahun baru bareng kakak CRO kece se-Astrido Daihatsu 

INFO LEBIH LANJUT TTG CRO UDAH GUE JELASIN DI POSTINGAN BLOG GUE BERIKUTNYA YAAAA

86 komentar:

  1. Kalau CRO kerjanya di lapangan atau di dalam kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai acad, untuk cro sendiri bekerja di dalam (back office), walaupun begitu dia adalah frontliner. Jd ketemu customer jg dlm kantor

      Hapus
    2. Hellow perkenalkan saya 'tea, Saya CRO Senior staff di real Estate. CRO flexible. Bisa @office, bisa juga dilapangan. tergantung perusahaannya. karena klw di real estate, banyak customer lebih yakin dengan CR nya. well aq rajin banget diculik customer. hhhmmm... lelah tapi... ya udahlah, anggap ngobrol sama temen ajah. walupun ada yang lebih sering ga sopan dlm bertutur kata, alias ngomel ga jelas.

      Hapus
  2. Ka maaf.. Kk kerja di kota mana ka? Dan maaf ka kepo klo gajinya brp ka? Kbtulan sy dapat panggilan juga jd CRO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai evi,maaf baru balas ya. Aku kerja di jakarta hehehe kalau gaji sih uda pst diatas UMR. Trgantung dealer mana kamu kerja :)

      Hapus
    2. Cara jadi biar kerja jadi cro bgaimana ka?

      Hapus
  3. Ada cro work ada cro fisik ada yg tau gak perbedaannya di apa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai rizal CR, wah maaf aku sendiri tidak tahu beda nya apa

      Hapus
  4. Ka ada yg tau ga kalo jobdesk nya cro diperusahaan IT gt? Bsok ada panggilan tes n interview ni. Hehe doain yah:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai anissa hehehe
      Maaf ya bru balas. Smoga sukses yaa buat hasil tes dan interview. Hemm aku sendiri krg tau jobdesk cro d prusahaan IT. Kalau sebagai frontliner ya mungkin lebih condong ke customer service. Tapi kalau backoffice beda cerita hehehe maybe sama2 jobdesk utama handling complain

      Hapus
  5. Salam kenal elvira beryl.. saya juga CRO tapi untuk di brand suzuki hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai nova, salam kenal juga.. Sukses trus ya untuk kamu :)

      Hapus
    2. Hai kak, kalo untuk interview CRO di suzuki, kira" pengetahuan apa yang harus kita tau tentang otomotifnya ya kak? Saya masih 0 pengalaman di bidang otomotif. Terima kasih kak

      Hapus
  6. aku br mau nyoba kak CRO daihatsu otista kp.melayu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oya? Kalo boleh tau kamu nyoba astrido daihatsu otista ya?

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk CRO mobil daihatsu dan toyota sejauh ini cewek hehehe

      Hapus
  8. Hi Kak!
    So lucky to found your blog. Jadi bisa kebayang sedikit CRO kayak gimana untuk di dealer mobil. Sebelumnya aku jadi CRO di restaurant, jadi agak bingung" kalau di dealer gimana, takut beda hehe
    Mingdep aku ada diundang psikotest posisi CRO di indomobil nissan.
    Kira" ada tips ngga nih kak? Hehe

    Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai the B,
      Makasii kalau isi blog aku lumayan membantu kamu utk berimajinasi ttg cro mobil hehehe
      Tips pst sama kalau nanti sampai tahap interview : penuh tekad dan optimis hehehe
      Setidaknya jobdesk utama cro itu yaa handling complain dan menjalankan standar pelayanan dealer mobil sesuai dgn SOP atasan.
      Maybe, agak sedikit beda pemahaman karena beda merek mobil. Tp pd dasarnya kita sbg cro harus berani, tegas, dan bisa jd pribadi yg humble.

      Hapus
  9. Hallo ka.
    Makasih buat blognya amat sangat membantu aku yg buta apa itu kerjaan jadi CRO hihi
    Aku ditawarin untuk jadi CRO di daihatsu juga ka, biarpun aku kuliahnya akuntansi sih wkwk doain ya ka semoga aku diterima������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai dinda sabrina, apakah balasan aku telat? Mdh2an tidak yaaa hehe and thankyou bgt kalo trnyata isi blog aku membantu :)
      Well, kuliah jurusan apapun bs kok belajar jd cro. Semangat yaa!! Smoga km bisa ketrima dan siapa tau kita bisa ketemu,

      Hapus
  10. Halo kak. Akhirnya kebayang juga cro di dealer itu kaya gimana. Besok aku interview kadep cs di ho daihatsu sunter kak. Doakan semoga yg terbaik :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai widi astuti, maaf bgt baru bales yaa. Pokoknya good luck trus buat kamu :)

      Hapus
  11. Hy elviraa. So happy to find ur blog. Aku mau ada interview utk cro daihatsu jg.. Semoga bersahabat dn berjalan lncr dh ni interview ku. Btw, blh minta kontak person utk nny2 lbh lanjut?

    BalasHapus
  12. Hai venni vitriani, wah good luck yaa buat interview kamu. Siapa tau masuk jd cro, kita bisa ketemu hehehe. Boleh, add line aja yaa elviraberyl

    BalasHapus
  13. Haii ka elvira .aku juga senin ada panggilan CRO. Kira kira menurut kamu tugas seorang CRO kesulitannya dimana ka?
    Thanks sukses selalu ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai fahmi setiawan, maaf ya baru bales. Km sudah interview? Kalau blh tau cro dimana ya? Otomotif kah ato perusahaan brgerak dbidang apa gitu hehehe soalnya jobdesk cro beda2

      Hapus
  14. Haii ka elvira .aku juga senin ada panggilan CRO. Kira kira menurut kamu tugas seorang CRO kesulitannya dimana ka?
    Thanks sukses selalu ka

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Hallo kak elvira..
    Aku dapat panggilan buat CRO tapi d Adira, dan katanya kerjanya seperti Surveyor gitu, mencari nasabah juga..
    Saya bingung apakah CRO itu d kantor atau d lapangan..
    Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai sigid agria, wah brarti jobdesk kita beda. Kalo pembahasan CRO d blog aku ini ttg CRO dealer mobil dan wajib cewek hehehe maybe utk beberapa perusahaan lain d luar otomotif, jobdesk CRO nya berbeda.

      Hapus
  17. Assalamu'alaykum .. halo kak mau nanya kalo kerja jd CRO itu bisa smbil kuliah gk sih ? Paruh wktu gtuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai wiwi pratiwi, maaf ya baru balas. Untuk cro d dealer mobil itu min pendidikan d3/s1. Kecuali kamu ambil s2, bisa sambil kuliah ambil kelas malam. Hehehe

      Hapus
  18. Assalamu'alaykum .. halo kak mau nanya kalo kerja jd CRO itu bisa smbil kuliah gk sih ? Paruh wktu gtuh...

    BalasHapus
  19. Selamat siang, Daihatsu kini ada promo DP Murah.
    Ayla: mulai 8jt
    Sigra: mulai 15jt
    Xenia: mulai 12jt
    Terios: mulai 25jt

    Butuh tukar tambah dgn mobil lama atau jual mobil lama anda . Saya juga bisa bantu dan pastinya dgn harga bersahabat!

    Jgn sungkan hub saya
    BERYL 081281543801 (SMS/WA)
    Astrido Daihatau Kamal

    BalasHapus
  20. Hai mba. Kalo posisi CRO itu ada target jualan mobil juga ngga ya ? Salam kenal 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai nadya... cro mobil itu bukan marketing ya. Jd kita gak jualan. Kita itu bagian dr pelayanan aja hehehe

      Hapus
  21. Kalo tugas CRO di perbankan apa aja ya? Khususnya bank danamon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai untuk kamu,
      cro d bank beda yaa sama mobil. Maybe utk dbank lebih ke customer service nya

      Hapus
  22. Paket lebaran murah meriah dari TOYOTA
    🚗Agya new 1.200cc
    Dp 20.000.000
    angs.3.500.000x60 bulan

    🚗Sienta
    Dp 20.000.000
    angs.5.000.000x60 bulan

    🚗Avanza
    Dp 20.000.000
    angs.4.600.000x60 bulan

    🚗Innova
    Dp 35.000.000
    angs.7.100.000x60 bulan

    🚗Calya
    Dp 20.000.000
    angs.3.500.000x60 bulan

    info lebih lanjut hubungi
    Dony Agustian
    087785573586
    081280436940( whatsapp )

    bantu BC ya guys. Yang deal bakal dapat complimentary gak pulang dgn tangan kosong 😆😆😆
    Indahnya berbagi :)

    BalasHapus
  23. Halo kak, CRO itu ada kejar target gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai putri astuti, kita sbg Cro gak axa target kok. Kan bukan marketing. Itungannya kita tu itu back office hehehe

      Hapus
  24. Halo sista salam kenal.. duh Nemu blog yg cocok nih buat kondisi aku. Ehehe kebetulan aku ada tes wawancara nih d Toyota Hadji Kalla untuk posisi, costumer Relation Prosesor.. kira kira hampir mirip GA ya sama job description nya CRO?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai dyy fadhillah... Wah aku bru dgr mengenai customer relation prosesor. Hehe aku kurang tau nih

      Hapus
  25. Hai kak aku ada panggilan jadi customer relation di plaza toyota tendean, tugasnya susah ga sih kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai febby, utk tugas cro itu yaa pst ada susah2 gampang nya hehehe kalo setau aku untuk jobdesk nya beragam dibanding daihatsu. Intinya sih kita bertugas handling complain dan yg jd fokus kita adalah kepuasan pelanggan

      Hapus
    2. Oh gitu kak, kita kerja didepan laptop seharian atau ketemu sama pelanggan kak?

      Hapus
    3. Dua2nya hehehe dpn laptop utk laporan. Ktmu pelanggan kalau ada keperluan dan komplain

      Hapus
    4. Hy kak feby . Kak aku juga ada panggilan diplaza toyota tendean, itu interview aja atau ada tes tertulis yah kak ?

      Hapus
  26. Klo CRO di bank kayak gimana?

    BalasHapus
  27. Salam kenal kak, aku juga senin besok dapet panggilan interview MT CR di nasmoco semarang, jadi tahu deh dikit2, kirain sama seperti cs cs di bank itu.
    Makasih kak sukses selalu

    BalasHapus
  28. Hai elvira, Customer Relation dan CRO itu sama atau beda ya? Saya ada panggilan interview di Tisourc tapi ngga ngerti CR itu apa.

    BalasHapus
  29. Hai untuk yg nanya2 nih bisa baca postingan blog aku yg terbaru ya ttg CRO
    http://elviraberyllhoo.blogspot.co.id/2017/08/q-and-customer-relation-officer.html?m=0#more

    BalasHapus
  30. Ka mau nanya dong cro bisa make hijab ngk, terus klo kita keterima nanti di ajarin lagi ngk ka jadi cronya

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Ka saya boleh minta kontak yg bisa dihubungi ? Saya mau nanya2 tentang krja sbgai cro soalnya nanti besok saya dapet panggilan interview

    BalasHapus
  33. Ka saya boleh minta kontak yg bisa dihubungi ? Saya mau nanya2 tentang krja sbgai cro soalnya nanti besok saya dapet panggilan interview

    BalasHapus
  34. Halo kak. Sorry mau tanya, apa Customer Relation Officer itu sama dengan Customer Service Advisor? Karena aku baru dapat panggilan untuk jadi CSA dan aku lagi cari-cari referensi dari orang lain nih. Ditunggu balasannya :) Thank youuu

    BalasHapus
  35. Kak..ak mw nnya donk
    Ak ad panggilan interview dr toyota auto2000 sbg customer relation coordinator (crc)
    Itu sama ap beda yaa kk sm cro ?
    Makasi kk infony

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Hai ka, aku dapet panggilan kerja jadi CEO cuma aku takut ga bisa ngerjainnya, kira2 kalo CRO di perusahaan IT itu gimana yaa ka?

    BalasHapus
  38. Salam kenal Elvira Beryl, sy juga CRO di Dealer Mobil Honda Kota Palembang SUMSEL

    BalasHapus
  39. Maaf, kalo job desk nya customer relation di mall tuh gmna kak? Mksihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah untuk itu aku krg tau. Maybe gajauh2 dr yg namanya handling komplain

      Hapus
    2. Bantu jawab. Pada dasarnya semua sama. handling complaint.

      Hapus
  40. Hay kak aku mau tanya dong kalo cro boleh berhijab tidak ya?

    BalasHapus
  41. Salam kenal, saya CRO dari CV.APW ����

    BalasHapus
  42. Klo CRO itu bisa nggak sambil kuliah soalny aku kuliah sabtu-minggu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya jdwl kerja cro otomotif back office. Senin-sabtu

      Hapus
  43. CRO pt finansia multi finance (credit plus) , berapa gajih pokok nya, trus kalau ga target apa juga dpt gajih? Mohon penjelasan nya ka.

    BalasHapus
  44. Thank you kak viraaaaaa. Doain gw masuk, mingdep mo interview. Salah datu pekerjaan impian gw adalah jd customer relation 😆

    BalasHapus
  45. Vira, mau nanyak donk, customer service itu apa bagian dari back office yah kalo di perusahaan leasing?

    BalasHapus
  46. Mau tanya kak, boleh pakai jilbab gak ya? Dan kerjanya kontrak gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sblmnya maaf untuk @elvira berryl. Boleh aq bantu jawab ya.
      Halo Rizki. Boleh pake hijup. tp saran aj. maksimalkan berpakaian yg menarik dan sopan. krn agar org yang complaint nanti & melihat kita jd jauh lebih nyaman. saya sendiri memakai hijup.

      Hapus
  47. info job desk supervisor dealer daihatsu dong ka ? oyaa lokee cro itu khusus buat perempuan atau laki2 juga bisa? tks😊

    BalasHapus
  48. Kak laporan mingguan atau bulanan cro itu brisi tntg apa si?

    BalasHapus
  49. Hay kk,aku ada rencana mau melamar kerja CRO di daihatsD tapi aku bingung nnti pas interview mau jabaw apa bantu dong kk???

    BalasHapus
  50. hai kak aku dpt undangan interview sebagai CRS daihatsu,sama kya CRO gak tugasnya?
    apa ini cuma ganti singkatan aja?

    BalasHapus
  51. Hai kak.. Maaf mau tanya kalo CRO itu biasanya jdwal krjanya senin sampai jumat atau gimana ya kak

    BalasHapus
  52. Kak untuk job desc CRO di perusahaan pinjaman pembelian motor itu seperti apa ya?

    BalasHapus
  53. Cro dan crc itu apa beda nya ya? Trimakasih bg/kak :)
    Mhon jwabanyaa

    BalasHapus
  54. Hello there, so glad to see this post. It really helps. Thankyou for ur kindness, gonna have my interview next wednesday.

    BalasHapus
  55. Kakak mau tanya kalau mengenai posisi admin part di toyota gimana tu kerjanya?

    BalasHapus
  56. Kak kalo lulusan SMA itu bisa gak ya kerja dibidang CRO

    BalasHapus