Rabu, 16 Agustus 2017

Q n A : CUSTOMER RELATION OFFICER (Part I)

Hello welcome to my blog!!!
Terima kasih buat kalian yang uda ngeluangin waktu buat membaca tulisan yang tak ada apa2nya ini hihihihi

Well, kenapa gue nulis lagi karena gue gak nyangka banget respon kalian untuk tulisan blog gue tentang CUSTOMER RELATION OFFICER (CRO) itu positif. Dan banyak kalian yang udah nanya-nanya lebih lanjut entah via line, IG, atau WA.
Hahaha

Maybe untuk memudahkan kalian gue sekarang posting Q n' A yang paling sering muncul nih kalo kalian nanya tentang CRO



1. Apa sih jobdesk utama CRO?
Jobdesk utamanya yaitu Handling Complain. Karena CRO bergerak di bidang pelayanan. Jadi 100% memastikan kepuasan pelanggan. Bagaimana caranya? Ya dengan menerapkan SOP yang ada di dealer mobil tempat kalian bekerja sesuai dengan nilai-nilai Kepuasan Pelanggan / Customer Satisfaction. Siapa yang menjalankan? Ya semua bagian dalam dealer mobil, yaitu bagian dari Sales ataupun Bengkel. Dan perlu diingat sebagai seorang CRO mobil itu berdiri sendiri dan tidak ada TIM dalam suatu cabang. CRO bekerja sama dengan kepala cabang, kepala bengkel serta pihak-pihak yang terkait jika ada sebuah komplain. Lalu ada kerjaan lain gak? ADA. Untuk Daihatsu sendiri ada beberapa Laporan yang wajib kita kirim ke Astra setiap bulan yang berhubungan dengan penerapan CS di cabang.

2. Apakah kerjaan CRO semua sama?
I dont know. Hahahaha karena gue sendiri baru memiliki pengalaman sebagai CRO Mobil dan itu untuk merek DAIHATSU. Tapi yang bisa gue kasih gambaran ya jobdesk utama CRO pada dealer mobil kira-kira seperti poin no. 1. Hanya saja penerapan Job tiap MEREK mobil berbeda-beda.

3. Suka duka jadi CRO itu apa?
Kita bicara yang pait-pait dulu yaaaak baru yang hepi-hepi Hahahahaha. Dukanya yaitu kalau ada customer marah2 sama kita. Sedih iyaaaaaaa. Pasti yang ada dipikiran "KAN BUKAN GUE YANG JUALAN HIKSSSS KOK GUE YANG DIMARAHIN???!!!" tapiii disitulah kita diuji kesabarannya. Kita harus belajar menenangkan diri sendiri terlebih dahulu karena kita justru dituntut sebagai "mediator" keluhan customer dengan dealer. CRO emang gak boleh nyelesain masalah itu sendiri. CRO harus bekerja sama dengan pihak-pihak terkait. Tapi sebelum itu, CRO harus bisa merasakan apa yang customer rasakan dan bersikap netral. Apapun yang terjadi customer harus puas BUT tetap komplain tersebut harus ada diselesaikan bersama-sama dengan atasan bukan sendirian. Sekarang kalau bicara Suka ya pasti ada!! ILMU yang gue dapat soal mobil banyak dan gue jadi bisa membawa diri gue ketemu banyak orang. Gue juga jadi belajar sabar dan memiliki komunikasi yang baik dengan orang banyak.

Customer Gift Day (Program CS To Customer)

4. Nah untuk tes masuk gimana ya?
Ini PERTANYAAN YANG PALING SERING DITANYAKAN!!
Jadi gni yaaaa teman-teman....Untuk tes masuk ya itu tergantung perusahaan tempat kalian melamar. Karena tiep perusahaan itu beda-beda tes nya. Yang pasti kalian akan ada tes psikotes dan interview. Gue sendiri interview 3x. Pertama sama HRD trus ke USER baru ke ATASAN.
Untuk pertanyaan-pertanyaan interview yaaaaa BASIC ajaaa :
Kelebihan dan kekurangan diri, apa yang diketahui tentang CRO, sebagai frontliner gimana sikap kita saat ada customer komplain, ya bisa jadi juga dikasih contoh kasus ringan trus yang dinilai sikap kita menangani hal tersebut.

Note: YANG PENTING NIH KITA PERCAYA DIRI DAN TEGAS

5. Untuk Gaji gimana?
Hahahaha uda pasti diatas UMR dan itu kembali lagi yaa tergantung perusahaan.

6. CRO itu jualan gak?
GAK SAMA SEKALI. CRO itu back office walaupun posisinya itu frontliner. Dan CRO bukan marketing.

Well itu penjelasan singkat guee tentang CRO dan kawan-kawannya. Semoga bermanfaat yaaaa. Dan setidaknya ada gambaran gimana kerjaan CRO di dealer Mobil.

22 komentar:

  1. Ka mau nanya dong cro bisa make hijab ngk, terus klo kita keterima nanti di ajarin lagi ngk ka jadi cronya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cro bs pakai hijab. Utk masalah itu tdk ada larangan. Kalau ketrima pasti d training lagi

      Hapus
  2. Hallo kak, cro jam kerjanya gimana yaaa kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk cro otomotif, jam kerjanya sesuai back office ya

      Hapus
  3. Hai ka, mo nanya kalau sevice reminder officer sama engk sih kayak CRO job desknya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda.. SRO itu utk bagian booking servis dan frontliner bagian bengkel. Kalau CRO itu mencakup showroom dan bengkel

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Sering di complain ga kak ? Brti harus paham tentang mobil yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sering.. Namanya kerjaan. Perlahan2 pst belajar

      Hapus
  7. wow...saya jg mau jd cro nissan surabaya mohon bimbingannya

    BalasHapus
  8. Mau tanya dong, klo misalnya ada complain itu berhubungan dengan apa biasanya yang paling sering? Dan pada saat itu kita langsung memberikan solusi apa gmna? Klo background kita 0 tentang otomotif mobil itu gimana ya? Terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plg sering gabisa dipukul rata. Produk iya, pelayanan iya, pihak ketiga iya. Jd lama2 belajar sendiri. Yg penting komunikasi baik dgn customer

      Hapus
  9. Kalau ga target apa juga dapat gajih pokok, buat CRO finansia multi fiance (kredit plus)
    Selain insentif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cro otomotif gak ada insentif. So of course gak ada target. Aku pribadi kurang tau utk cro finance

      Hapus
    2. Nah kalo saya ada panggilan untuk CRC Plaza toyota tendean, apa itu jobdesc nya sama dengan CRO?

      Hapus
  10. Kk klo cro ttg perumahan gmn?mhon pencerahannya..makasi

    BalasHapus
  11. Kak , klo tugas customer relation officer di Daihatsu gimana?mohon info ya kak karna aku baru aja panggilan kerja

    BalasHapus
  12. Apakah CRO selalu berkaitan dengan mobil dan bengkel?

    BalasHapus
  13. Kak kalau untuk cro pada PT.MAF itu bagaimana?

    BalasHapus
  14. Kak kalo client relation office sama ga?

    BalasHapus