Selasa, 06 Desember 2011

Merawat Si Gendut dan Berbulu


Gendut, berbulu, dan besar, itulah pendeskripsian kita tentang boneka Teddy Bear. Boneka Teddy Bear sudah dikenal sejak jaman dulu dimana penggemarnya tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa. Tak heran banyak toko-toko boneka khusus untuk Teddy Bear, seperti adanya Teddy House, dimana menjual segala jenis Teddy Bear dan pernak-perniknya, seperti baju, sepatu, aksesoris, rumah dan lain-lain. Dalam merawat boneka Teddy Bear sendiri, ada beberapa cara, yaitu menggunakan kain basah, mencuci dengan air, dan menggunakan baking soda. Tetapi perlu dipastikan apakah boneka tesebut bisa dicuci dengan mesin cuci, dengan tangan atau dry cleaning.

Pertama, menggunakan kain basah. Cara ini digunakan pada boneka yang hanya berdebu dan tidak terlalu kotor selain itu digunakan pada boneka yang  bahan/bulunya mudah rontok. Caranya sangat mudah, cukup diseka dengan kain yang telah dibasahi air hangat ke seluruh bagian boneka. Biasanya cara ini paling sering digunakan karena sangat mudah dan tidak membuang waktu.
 Kedua, mencuci dengan air. Cara ini digunakan untuk boneka yang sangat kotor. Kita bisa mencucinya dengan tangan  atau mesin cuci. Nah, susahnya, kita harus berhati-hati dalam  mencuci karena tidak semua boneka bisa dicuci dengan mesin cuci. Prosesnya pun tidak bisa sembarangan, sebelum masuk ke mesin cuci, boneka harus dibungkus dengan kantung laundry yang bertujuan agar boneka tidak rusak dan bulunya tidak rontok. Setelah masuk kedalam mesin cuci, atur speed low dan takaran deterjen yang hanya seperempat saja, selain itu tidak perlu dibilas dengan softener  karena bisa melunturkan warna boneka. Kemudian peras boneka dengan tangan atau diinjak, lalu keringkan boneka ditempat teduh. Paling sering cara ini digunakan oleh laundry-laundry yang menerima jasa pencucian boneka.
Ketiga, menggunakan baking soda.  Nah, cara ini biasanya digunakan untuk boneka yang bulunya mudah rontok atau boneka yang sudah tua. Proses awalnya sama seperti mencuci dengan air, yaitu memasukkan boneka ke dalam  kantung laundry. Bedanya ini tidak menggunakan mesin cuci, setelah memasukkan boneka, masukkan baking soda secukupnya ke dalam kantung  lalu tutup rapat kantung dan guncang-guncang dan biarkan selama 15 menit. Terakhir keluarkan boneka dan bersihkan boneka dari baking soda dengan cara menepoknya atau mengelap dengan kain basah, pastikan  hingga bersih dan tak ada baking soda yang masih menempel.
 Nah dari ketiga cara diatas dapat dipakai, tergantung jenis dan bahan dari boneka Teddy Bear kita. Tetapi sebelumnya perlu diperhatikan sebelum mencuci, apakah boneka kita dalam keadaan baik, tidak ada yang robek atau  rusak dan yang paling penting kita harus melihat label tag boneka untuk memastikan cara mencuci yang benar. Setelah kering, bulu-bulu boneka dapat disisir dengan sisir asalkan bukan tipe brush. Gampang-gampang susah bukan??!!! Jadi, mulai dari sekarang kita dapat merawat boneka Teddy Bear kesayangan kita agar tetap awet dan tetap bersih. Selamat Mencoba!

2 komentar: