Senin, 10 Desember 2012

At KPK 3 Desember 2012

Fisrt time terjun ke lapangan jadi wartawan. Bukan wartawan kayak di TV gitu, tapi wartawan foto. Kebetulan dosen gue ngasi tugas cari foto ke KPK. Akhirnya, gue memilih hari Senin, 3 Desember 2012, dimana ada kasus pemeriksaan kedua Djoko Susilo dan ditetapkannya sebagai tersangka korupsi simulator SIM.

Well, dengan berbekal kamera dan pengalaman sekali ke KPK naik busway, akhirnya gue ama teman-teman pergi menuju KPK. Kita diburu waktu juga karena pemeriksaan dimulai sekitar pukul sepuluh. Dengan berbekal info seadanya, bahkan gue ga tau wajah Djoko Susilo itu bagaimana, kasus lebih lengkapnya gimana, siapa pengacara dia, dan lain-lain, gue nekat menuju KPK. Soalnya gue pikir pemeriksaan itu bakal cepet selesai.
Berangkat dari rumah sekitar pukul 12.00 WIB, dan thanks to cuaca panas dan busway yg lama, gue baru sampai KPK sekitar pukul 13.30 WIB.

Sampai di KPK uda banyak banget wartawan, datang-datang berasa banget anak cupu atau anak yang masih polos masuk ke dalam kandang harimau hahaha Setiap mata wartawan tertuju pada kami, well i guess dipikiran pasti bilang "Siapa ni wartawan baru? Dateng juga rombongan, masi muda2"

Penantian gue di KPK terbilang panjang, selama hampir 6 jam. Menahan lapar dan haus dan harus berebutan foto dengan wartawan laen waktu pengacara-pengacara Djoko wira-wiri keluar KPK. Gue sempat takut masuk ke dalam gedung KPK, walopun kata temen-temen gue enggak apa-apa.
Yaudah, karena lapar, akhirnya gue memilih masuk, beli makanan di warung kejujuran. Maksudnya, beli lalu bayar sendiri, dimasukkin ke kotak tempat uang, inilah WARUNG KEJUJURAN KPK. Masuk ke dalam gedung, ternyata banyak banget wartawan disitu. Semuanya ada, mulai dari wartawan TV, Koran, Online, Foto....

Gue di ajak masuk ke dalam ruang PERS... Disana kakak-kakak wartawan sangat ramah, kebanyakan sii wartawan online yang disitu. Ruang PERS adalah tempat khusus wartawan menunggu, beristirahat, dan sebagainya. Mereka menyambut kita dengan baik dan lumayan banyak bicara mengenai ruang pers itu. Walopun gue sempet ketawa ngelihat tingkah beberapa wartawan cowok yang lelah menunggu, bermain PS (play station) disitu.

Jam demi jam berlalu, dan Djoko Susilo masih belum keluar. Teman-teman gue satu persatu mulai gugur (maksudnya pulang duluan hahaha) karena terlalu lama menunggu. Tapi gue tetep bertahan. Kenapa? Karena gue enggak mau sia-sia pergi ke KPK, walopun gue uda dapet beberapa foto pengacara Djoko, Juniver Girsang, dan itu rebutan sama wartawan lain.

Disana gue juga ketemu sama wartawan senior dari JakTV, dia baek banget, banyak sharing soal dunia wartawan dan jurnalistik.Gue juga dapat banyak pengetahuan baru. Selain itu, gue sampai bengong waktu ngelihat reporter perempuan dari Indosiar, TVRI, Trans TV, Trans 7, RCTI, Metro TV itu datang. Mereka tuh bener-bener cantik, dan beda banget dari pandangan gue selama ini kalo wartawan itu kerja lapangan pasti jauh dari yang namanya dandan.. tapi, bener-bener beda banget! mereka itu cantik-cantik, putih dan gue cuman bisa bilang "waoow".

Akhirnya, setelah maghrib, Djoko keluar. Sempet kesel sih, rebutan ama wartawan-wartawan lain. Apalagi, gue yang masih pemula, mereka sempat marah-marah "Wartawan foto minggir woii....", Karena gue uda capek dan enggak ada tenaga lagi, akhirnya gue keluar dari barisan wartawan tapii gara-gara si Djoko jalan menuju mobil dan wartawan berusaha ngejar dia, gue hampir aja jatuh, berasaaa diserbuuu kerumunaaaan badaaaak.... tidaaaaaaaak!!!!!

Itulah pengalaman gue! Walopun enggak dapet foto Djoko Susilo karena rebutan ngambil dan semua hasil foto enggak jelas alias keliatan kamera2 wartawan doank argggh, tapi gue tetap seneng kerena dapet foto laen. hehehe

Mungkin untuk sekarang gue bakal bilang "gue kapok jadi wartawan, mendingan kerja di dalam ruangan aja", tapi who knows? Kedepannya gue bakal jadi apa? Well, let it flow ajaa deh........hehehe

Ini dia beberapa foto yang berhasil gue abadikan di KPK, foto pengacara Djoko Susilo, Juniver Girsang dan Hotma.



(atas) Foto pertama kali rebutan ama wartawan, sekali jepret langsung bagus hahahaha


Ini ni, waktu Djoko Susilo keluar.... Wajah Djoko ketutup, tapi gue seneng ama ekspresi pengacaranya yang lucu ke jepret langsung kayak gitu.




Ini foto salah satu wartawan yang uda kelelahan nunggu, trus tidurrr deh.........


Nah, sembari pemeriksaan Djoko, di luar KPK sedang ada demo dari gerakan anti korupsi, makanya banyak polisi berjaga-jaga.


Well itulah beberapa foto yang enggak cacat dan memiliki nilai berita dari sekian banyak foto yang gue dapat..... Harap maklum kalo jelek namanya masih pemula dan first time ngerasain jadi wartawan "sungguhan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar